Pemprov Banten Adakan Pemutihan Pajak Kendaraan Hingga Akhir Tahun

Pemprov Banten Adakan Pemutihan Pajak Kendaraan Hingga Akhir Tahun

Adeline Hilary Tambunan, 3 months ago
Media-Image

Jakarta - Ada kabar gembira bagi seluruh masyarakat di Provinsi Banten. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten kembali mengadakan kegiatan pemutihan pajak kendaraan bermotor atau memberikan insentif pembebasan denda bagi pajak kendaraan bermotor.

Pemprov Banten melalui Pj (Penjabat) Gubernur yakni Al Muktabar menyampaikan bahwa Pemprov akan memberikan keringanan ataupun diskon atas denda pembayaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor). Program tentunya didasari oleh adanya optimalisasi atas PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari sektor pajak daerah, khususnya pada PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) dan BBNKB hingga sebagai upaya Pemprov dalam menertibkan administrasi kepemilikan kendaraan bermotor di wilayah Provinsi Banten serta meringankan beban para wajib pajak di wilayah Provinsi Banten.

Program ini telah diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Banten Nomor 24 tahun 2022, dimana pengurangan pokok PKB untuk kendaraan yang balik nama dari luar Provinsi Banten akan diberikan sebesar 20%.

Baca juga Kemendagri Minta Pemda Hentikan Pemutihan Pajak Kendaraan

Adapun, alasan lain yang mendasari diadakannya program pemutihan ini lagi, yakni dalam membantu mempercepat pencairan tunggakan atas PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) yang mencapai Rp 780 miLyar untuk tahun ini. Hal ini juga turut di paparkan oleh Opar Sohari selaku Kepada Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) Banten sebagai upaya dalam memberikan stimulan dan relaksasi bagi masyarakat setempat hingga akhir tahun 2022 ini.

Pelaksanaan program pemutihan pajak kendara bermotor ini akan berlangsung mulai dari 18 Agustus 2022 hingga akhir tahun 2022. Program yang akan berlangsung tersebut tidak hanya memberikan pemutihan atas PKB saja, melainkan juga memberikan pembebasan atas BNN 2 atau bea balik nama kendaraan bermotor bekas hingga pengurangan atau diskon atas pokok PKB senilai 20% bagi kendaraan yang telah pindah atau dimutasi dari luar provinsi. Segala bentuk insentif yang diberikan Pemprov berlaku bagi seluruh masyarakat provinsi Banten, khususnya yang memiliki kendaraan bermotor.

Baca juga Peringati HUT Ke-77 RI, Pemkab Bojonegoro Adakan Program Pemutihan Pajak

Bersamaan dengan pelaksanaan program pemutihan pajak kendaraan bermotor ini, Kasi STNK Subdit Regident Polda Banten, yakni Komisaris Polisi (Kompol) Lucky Permana menggerakkan seluruh masyarakat untuk segera memanfaatkan kesempatan yang diberikan Pemprov Banten. Hal ini lantaran Pemerintah melalui otoritasnya telah menerapkan kebijakan baru bagi pemilik kendaraan untuk segera melunasi pajaknya selambat-lambatnya 2 (tahun) masa pajak.

Dikarenakan apabila tidak dibayarkan (mati) pajak dalam kurun waktu 2 (dua) tahun berturut-turut, maka kendaraan tersebut akan dinyatakan bodong atau nomor registrasi STNK atas kendaraan tersebut tidak dapat diregistrasi ulang, karena status pada kendaraan tersebut sudah mati atau bodong.

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2022 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami
BAYAR
PAJAK
icon-mpn