Ratusan Ribu WP Ikut PPS, Ternyata Ada Menteri yang Ikut Serta

Ratusan Ribu WP Ikut PPS, Ternyata Ada Menteri yang Ikut Serta

Adeline Hilary Tambunan, 4 months ago
Media-Image

Jakarta - Tepat tanggal 30 Juni 2022 yang lalu Program Pengungkapan Sukarela (PPS) resmi berakhir setelah berjalan kurang lebih 6 bulan sejak dimulai pada 1 Januari 2022. Melalui konferensi pers yang diadakan dan dihadiri oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani beserta para stafnya.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Neilmaldrin Noor, Ditjen Pajak (DJP) mengatakan, terkait dengan laporan atas pelaksanaan program tersebut telah diikuti sebanyak 247.918 wajib pajak, dengan 82.456 surat keterangan dari kebijakan I dan 225.603 surat keterangan dari kebijakan II. Selain itu, terdapat juga wajib pajak yang mengikuti 2 kebijakan tersebut sekaligus, dan dapat mengikuti PPS lebih dari 1 kali.

Pelaksanaan Program Pengungkapan Sukarela (PPS) mendapat banyak sisi positif terlebih pada Negara, seperti yang disampaikan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam acara Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022 di Bali, dimana semua peserta PPS mengikuti program tersebut secara online, tidak ada yang datang ke kantor Direktorat Jendral Pajak (DJP). Hal ini tentunya sangat mendukung negara, mengingat Pemerintah Indonesia sedang melakukan transformasi digital di tengah pesatnya perubahan teknologi terlebih pada transformasi fungsi keuangan negara ke digital.

Selama pembicaraan Sri Mulyani di acara tersebut, ada hal yang cukup menarik perhatian, dimana program tersebut tidak hanya diikuti pengusaha atau perorangan, tetapi salah satu Menteri Indonesia, yakni Johnny G Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang juga mengikuti program tersebut dan melakukan semunya secara online. Hal tersebut patut kita apresiasi dan diharapkan dapat menjadi contoh baik bagi seluruh masyarakat dalam kepatuhan pajak.

Dengan keberlangsungan PPS dengan baik, DJP telah mencatat perolehan yang didapat, dimana dari total yang sudah dilaporkan, hasil repatriasi sebesar Rp 512,57 triliun merupakan deklarasi dalam negeri. Sementara sebesar Rp 59,91 triliun untuk dideklarasikan di luar negeri dan sebanyak Rp 22,34 triliun yang akan diinvestasikan. Sri Mulyani juga menambahkan bahwa peserta PPS atau tax amnesty didominasi oleh wajib pajak orang pribadi (WP OP). Hal ini tentunya terlihat pada surat elektronik (surel) yang dikeluarkan DJP kurang lebih 4.067 surat untuk WP Badan dan 303.992 surat untuk WP OP.

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2022 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami
BAYAR
PAJAK
icon-mpn