Dirjen Pajak Baru, Selamat Bekerja Pak Suryo Utomo

DNR, 19 hari yang lalu
Rekam Jejak Suryo Utomo

Rekam Jejak Cemerlang Dirjen Pajak Baru Suryo Utomo

Jakarta - Pada tanggal 01/11/2019 Indonesia resmi memiliki dirjen pajak yang baru yang menggantikan Robert Pakpahan yang telah menjabat dari tahun 2017-2019, Dikutip dari laman Kemenkeu, Suryo Utomo lahir pada tanggal 26 maret 1969 di Semarang, jawa tengah. Beliau menempuh pendidikan Sarjana di bidang Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang dan meraih gelar pada tahun 1992, setelah selesai menempuh penidikan tersebut Suryo melanjutkan pendidikan Master di bidang Business Taxation, di University of Southern California, Amerika Serikat dan menyesaikan studinya pada 1998.

Suryo mengawali karir sebagai seorang PNS dan memangku jabatan sebagai pelaksana di Kementrian Keuangan Pada Tahun 1993 di Sekertariat direktorat Jendral Pajak, Direktorat Jendral Pajak, lalu pada tahun 1998 ia juga pernah menjabat sebagai Kepala seksi Pajak Pertambahan Nilai Industri. Dilanjutkan pada tahun 2002 menjadi Kepala Seksi Penghasilan Badan serta pada tahun 2002 pula Suryo dipromosikan menjadi Kepala Subdirektorat Pertambahan Nilai Industri.

Jejak kecemerlangan Suryo tidak berhenti sampai disitu, pada 2006 ia ditunjuk menjadi Kepala Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Penanaman Modal Asing Tiga, melalui kerja keras serta kesungguhan beliau di bidang perpajakan, pada 2008 dia kembali diberikan kepercayaan untuk menjadi Kepala Kantor Pelayanan Pajak Wajib Besar Satu.

Melalui Pengalaman yang beragam akhirnya pada 2009 Suryo Utomo diberikan Mandat sebagai Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Jawa Tengah I, kemudian tahun berikutnya dia ditarik kembali untuk mengembangkan peraturan perpajakan dengan menjadi Direktur Peraturan Perpajakan, Setelah itu pada tahun 2015 beliau menjadi Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian dan setelah itu, beliau ditunjuk menjadi staf ahli Menteri Keuangan bidang Kepatuhan Pajak dan pada november 2019 ini beliau menduduki puncak komando perpajakan, yang secara langsung ditunjuk oleh Menteri keuangan ibu Sri Mulyani menjadi Dirjen Direktorat Jendral Pajak.

Ibu Sri Mulyani mengucapkan bahwa perpajakan menyumbang 70% dari APBN dan menghadapi tantangan perekonomian yang kedepannya semakin berat, maka dibutuhkan sosok yang memiliki pengalaman dan kemampuan yang hebat. Suryo utomo disebutkan menjadi pilihan yang paling tepat, melalui rekam jejak birokrat yang panjang dan telah mengemban berbagai posisi di Direktorat Jendral Pajak serta Kementrian, diharapkan dapat memberikan stimulus perekonomian yang positif bagi Indonesia. Pajakku sebagai Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan resmi Direktorat Jendral Pajak, menghaturkan selamat dan sukses atas dilantiknya Bpk. Suryo Utomo sebagai Direktur Jendral Pajak DJP yang baru

Sumber

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2019 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami