Hitung Pajak secara Mudah dan Otomatis

Mulyana, Steven, Sigit, 2 bulan yang lalu
Tax Solution

Sejak perubahan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan pada tahun 1983 yang menggantikan peraturan perpajakan kolonial Belanda (ordonansi PPs 1925 dan ordonansi PPd 1944), Indonesia telah mengganti sistem pemungutan pajak dari sistem official assessement menjadi sistem self assessement.

Self assessement berarti kepercayaan diberikan kepada wajib pajak untuk menghitung, membayar, dan melaporkan sendiri kewajiban perpajakannya. Hal ini membuat wajib pajak harus mengetahui jumlah kewajiban pajak yang harus ditunaikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kerapkali wajib pajak masih kebingungan dalam mengetahui jenis pajak. Dalam hal penghasilan antara lain ada PPh Pasal 21, PPh Pasal 26, PPh Pasal 23, PPh Pasal 4 ayat 2, PPh Pasal 15, PPh Pasal 22, PPh Pasal 24, PPh Pasal 25, PPh Pasal 29, PPh Pasal 31E. Ketentuan ini tertuang dalam undang-undang pajak penghasilan.

Selain itu, ada pula pajak pertambahan nilai yang ketentuannya diatur dalam UU No 42 tahun 2009 tentang Pajak Nilai Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah. 

Kedua perundangan tersebut menjadi dasar pengenaan tarif pajak, atau melalui peraturan turunannya. Banyaknya jenis dan tarif pajak membuat wajib pajak harus paham benar agar tidak salah dalam memenuhi kewajiban perpajakan.

Masalah tersebut dapat diselesaikan melalui solusi hitung pajak di platform e-PPT (elektronik-Pengolahan Pajak Terpadu) Pajakku. Teknologi e-PPT mampu mengolah sekaligus menghitung pajak secara massal. 

E-PPT menjamin bahwa hitungan multi-pasal pajak dilakukan secara sistematis, cepat, aman, dan akurat. Kemampuan e-PPT dalam mengolah pajak telah lolos uji oleh Direktorat Jenderal Pajak melalui BA No. 9/PJ.10/2016.

Kemampuannya dalam mengolah pajak secara massal, membuat e-PPT ini mendapat julukan e-SPT Advance. Apalagi e-PPT mampu mengolah pajak secara end-to-end, yaitu hitung-bayar-lapor pajak. Jadi, kami sangat merekomendasikan e-PPT ini diimplementasikan di perusahaan Anda agar urusan perpajakan menjadi lebih mudah dan efisien.

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2019 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami