Pemprov DKI Jakarta Ungkap Akan Gelar Pemutihan Pajak Bulan ini

Vinash, 13 hari yang lalu
Media-Image

Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah mengumumkan akan memberlakukan dan menggelar pemutihan pajak kendaraan bermotor (PKB) seperti yang dilakukan Provinsi lainnya.

 

Apa itu Pemutihan Pajak?

Pemutihan pajak adalah program yang menghilangkan atau mengubah sanksi pajak yang dikenakan kepada pemilik kendaraan.

Pemutihan pajak sering dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi beban pajak jalan pada masyarakat, dan diharapkan program ini akan menertibkan wajib pajak yang terlambat membayar pajak jalan. Pemutihan pajak selalu menjadi program yang ditunggu-tunggu masyarakat.

Luasiana Herawati, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta, mengatakan aturan pemutihan PKB sedang disiapkan. Bapenda DKI Jakarta saat ini sedang bersiap untuk menerapkan kebijakan pemutihan bulan ini.

Seperti kita ketahui, beberapa Provinsi baru-baru ini menerapkan pemutihan PKB. Kebijakan ini mulai berlaku sebelum berlakunya Pasal 74 UU 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Ketentuan ini memungkinkan pemerintah untuk menghapus kendaraan motor dari daftar registrasinya, jika kendaraan tersebut tidak didaftarkan ulang dalam waktu dua tahun sejak tanggal kedaluwarsa.

Baca juga Pemprov Bengkulu Adakan Program Pemutihan Pajak Kendaraan Mulai 1 Agustus 2022

Jika dihapus, kendaraan tidak dapat diregistrasikan ulang. Dengan begitu, kendaraan ini akan  menjadi kendaraan bodong. Terdapat beberapa negara bagian yang menjalankan kebijakan pemutihan ini di antaranya ialah:

  1. Jawa barat
  2. Provinsi Banten
  3. Jawa Timur
  4. Bali
  5. Sumatera Selatan
  6. Kalimantan Utara
  7. Kalimantan Timur
  8. DKI Jakarta

 

Pemutihan pajak kendaraan bermotor ini dilaksanakan oleh pemerintah dengan tujuan untuk meringankan beban pajak kendaraan dan harapannya program ini juga dapat menertibkan wajib pajak yang masih menunggak pembayaran pajak kendaraan bermotornya. Berikut adalah syarat dan persyaratan dalam pemutihan pajak:

  1. Harus memiliki STNK asli dan kopi
  2. Harus memiliki KTP asli dan copy pemilik kendaraan
  3. Harus mempunyai BPKB kendaraan motor tersebut

Baca juga Pemprov Banten Adakan Pemutihan Pajak Kendaraan Hingga Akhir Tahun

Jika sudah memiliki seluruh data di atas, maka satukan seluruh dokumen dalam folder kuning dengan jenis kendaraan sepeda motor. Untuk jenis  kendaraan roda 4, maka seluruh dokumen dikumpulkan pada folder  merah dan siapkan dana untuk membayar pajak dalam jumlah yang diperlukan.

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2022 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami
BAYAR
PAJAK
icon-mpn