Perusahaan Ini Terblokir Kominfo, Simak Kewajiban Perpajakannya!

Yohana Fransiska Aurelia Vivian, 4 hari yang lalu
Media-Image

Jakarta - Satu demi satu Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang sempat diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dibuka. Menurut Siaran Pers No. 313/HM/KOMINFO/08/2022 bahwa pada hari Rabu, 3 Agustus 2022 Kominfo kembali mengumumkan normalisasi akses.

Sebelumnya, situs-situs ternama mulai dari Amazon, Yahoo, Bing, hingga Steam sempat diblokir karena tak kunjung melakukan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Pada hari Selasa, 2 Agustus 2022 pemblokiran platform distribusi game Steam resmi dinormalisasi atau dibuka kembali. Sebelumnya platform digital ini sempat diblokir pada 30 Juli 2022 bersamaan dengan Yahoo. Pembukaan blokir terhadap Steam dan Yahoo di Indonesia itu dilakukan setelah Kominfo berhasil berkomunikasi dengan pengelola Yahoo dan Velve Corporation (Steam). Tentu hal tersebut menjadi kabar gembira bagi para pengguna Steam dan Yahoo.

Baca juga Paypal Tak Daftar PSE, Diduga Adanya Faktor Perpajakan

Sebagai informasi, Steam adalah sebuah layanan distribusi digital video game yang disediakan oleh Velve Corporation. Steam menawarkan digital right management, layanan jejaring sosial, dan server pembuat pertandingan. Selain itu, perusahaan ini juga menyediakan pengguna dengan instalasi dan pembaruan game secara otomatis.

Seiring dengan perkembangan pajak digital di zaman sekarang, Valve Corporation, perusahaan yang menaungi platform digital Steam, ditunjuk sebagai perusahaan pemungut PPN oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sejak November 2020. Sehingga, mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 48/PMK.03/2020, Steam melakukan pemungutan PPN sebesar 10% untuk setiap permainan yang dibeli di Indonesia.

Namun, seiring dengan berlakunya tarif PPN baru, maka pengenaan PPN mengikuti tarif baru 11%. Sementara perusahaan Yahoo sendiri telah terdaftar sebagai BUT, sehingga memiliki kewajiban perpajakan atas pajak BUT.

Lebih lanjut, setelah lolos blokir dari Kominfo maka Amazon mengumumkan peluncuran Prime Video di Asia Tenggara, salah satunya di Indonesia. Layanan Prime Video versi Indonesia ini tersedia mulai Agustus 2022 dengan penawaran khusus bagi pelanggan baru. Perlu diketahui juga bahwa Amazon telah ditunjuk sebagai perusahaan pemungut PPN oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sejak 1 April 2021.

Baca juga Kementerian Kominfo Penyumbang PNBP Tertinggi Kedua APBN 2020

Oleh karena itu, perusahaan ini akan melakukan pemungutan pajak sebesar 10% atas produk digital yang dijual kepada pelanggan di Indonesia. Namun, seiring dengan berlakunya tarif PPN baru maka pengenaan PPN mengikuti tarif baru 11%.

Sementara itu, Bing meru,pakan situs pencari web yang bernaung di bawah Microsoft. Bing memiliki pencarian berdasarkan 4 (empat) kategori, antara lain pencarian halaman situs maupun website, gambar, informasi berita, hingga mencari apa dan siapa yang paling banyak ingin diketahui pengguna. Sama halnya dengan Steam dan Amazon, Microsoft juga ditunjuk sebagai perusahaan pemungut PPN oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2022 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami
BAYAR
PAJAK
icon-mpn