Penerimaan Negara Tumbuh Hingga 50% Dibandingkan 2021

Penerimaan Negara Tumbuh Hingga 50% Dibandingkan 2021

Adeline Hilary Tambunan, 4 months ago
Media-Image

Jakarta - Kementerian keuangan (Kemenkeu) melalui Sri Mulyani Indrawati telah memperkirakan pendapatan negara untuk tahun ini mencapai 50%. Angka tersebut tentunya melewati target yang seharusnya, sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 98 Tahun 2022 mengenai Perubahan Atas Perpres 104/2021 perihal Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022

Yon Arsal selaku Staf Ahli Bidang Kepatuhan menyampaikan bahwa pendapatan yang diterima negara pada tahun ini bertumbuh sangat signifikan daripada tahun 2021 dan tentunya bersamaan dengan pemulihan ekonomi serta ekspansi yang masih berlangsung. Pemerintah pun diklaim sudah cukup baik dalam menangani masyarakat selama pandemic covid-19 hingga saat ini, sehingga aktivitas pun sudah mulai meningkat.

Baca juga Banyak Orang Kaya di Indonesia Yang Belum Tersentuh Pajak

Peningkatan penerimaan pajak juga terjadi di tahun 2021 yakni sebesar 18%, dimana Indonesia selama kurang lebih 12 tahun tidak tembus pada angka yang ditargetkan. Hal ini bisa dikatakan bahwa rebound dan recovery yang cukup kuat terjadi di Indonesia.

Dalam hal ini Yon percaya dengan pembalikan dan pemulihan yang sedang berjalan saat ini dapat berlanjut hingga akhir tahun nanti dan tentunya dengan lebih kuat. Terlebih saat ini Indonesia cukup memperoleh keuntungan akibat adanya penaikan harga komoditas secara global. Terlihat pada salah satu komoditas unggulan Indonesia yakni pada sektor batu bara yang mengalami peningkatan harga hingga mampu menambah penerimaan pajak.

Baca juga Penarikan Pajak Untuk Operasional Negara, Dari Subsidi LPG Hingga Listrik

Meskipun, penerimaan sektor-sektor lainnya belum bisa berdampak secara langsung terhadap penerimaan pajak, namun hal tersebut masih dalam angka yang baik karena tumbuh hingga 37% ditengah pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung.

Pencapaian yang diperoleh sejauh ini, membuat pemerintah Indonesia semakin percaya diri akan perbaikan dan pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung hingga kini dan akan terus berlanjut kedepannya, tentunya tetap memperhatikan perkembangan pada tekanan global yang akan terjadi. Kontribusi tiap sektor ataupun komoditas baik dalam jumlah yang kecil maupun besar membuat pemerintah semakin yakin bahwa kedepannya akan jauh lebih baik dan meningkat, ditambah dengan reformasi pajak yang masih diterapkan.

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2022 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami
BAYAR
PAJAK
icon-mpn