Wujudkan Transparansi Seleksi Wawancara Calon Hakim Agung, Publik Diizinkan Bertanya

Putri Novani Khairizka, 4 hari yang lalu
Media-Image

Jakarta - Komisi Yudisial akan melaksanakan seleksi wawancara atas calon hakim agung (CHA) dan calon hakim ad hoc tindak pidana korupsi pada hari Senin 25 April 2022 sampai Kamis 29 April 2022.

Juru Bicara KY Miko Ginting menjelaskan seleksi wawancara calong hakim agung (CHA) dan calon hakim ad hoc tindak pidana korupsi dapat disaksikan masyarakat umum, baik secara langsung di Auditorium KY ataupun melalui YouTube resmi KY.

Ia menyebutkan masyarakat luas akan diberikan sesi untuk mengajukan pertanyaan terhadap calon, baik secara langsung dengan menghadiri kantor KY ataupun melalui fitur comments kanal Youtube.

Belum lama ini, Komisi Yudisial telah mengumumkan 16 nama CHA yang lolos seleksi kesehatan dan kepribadian. Empat orang di antaranya ialah CHA untuk kamar tata usaha negara (TUN) khusus pajak, yaitu Doni Budiono, Cerah Bangun, Triyono Martanto, dan Wishnoe Saleh Thaib.

Adapun, rincian calon hakim agung yang lulus seleksi tahap ketiga terdiri dari 12 orang melalui jalur hakim karier dan 4 orang dari jalur nonkarier yang memiliki profesi sebagai pengacara, hakim pajak, dan ASN. Berdasarkan pendidikan, calon hakim agung memiliki gelar magister sebanyak 10 orang dan 6 orang bergelar doctor. Pada calon hakim ad hoc Tipikor di MA terdapat 4 orang bergelar magister dan 1 orang bergelar doctor.

Keempat CHA TUN khusus pajak tersebut telah menjalankan seleksi wawancara pada Senin 25 April 2022. Cerah Bangun mendapatkan giliran mengikuti seleksi wawancara pada pukul 8.00 WIB hingga 9.40 WIB. Selanjutnya, Doni Budiono mendapatkan giliran pukul 9.45 WIB hingga 11.25 WIB. Pada pukul 11.30 WIB hingga 13.10 WIB, panelis akan melakukan wawancara pada Triyono Martanto. Sementara itu, Wishnoe Saleh Thaib akan mulai diwawancarai panelis pada pukul 14.00 WIB hingga 15.40 WIB.

Dalam seleksi wawancara tersebut, CHA akan diuji oleh 9 panelis yang meliputi 7 anggota KY, 1 orang pakar hukum, dan 1 orang negarawan. Panelis pun akan diwawancarai perihal penggalian atas visi, misi, komitmen, komitmen, kenegarawanan, pengetahuan, integritas, dan kompetensi teknis terkait dengan penguasaan hukum formil dan materil CHA yang diseleksi.

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2022 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami
BAYAR
PAJAK
icon-mpn