Perlukah Beralih ke e-Meterai?

Amaranggana, 5 bulan yang lalu
Media-Image

Jakarta - e-Meterai atau meterai elektronik baru saja diluncurkan oleh Kementerian Keuangan bekerjasama dengan Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) pada bulan Oktober lalu (2021). 

Meterai elektronik ini diproduksi karena adanya refleksi atas masifnya penggunaan dokumen elektronik dalam proses bisnis dan transaksi dengan lawan. Terlebih adanya pandemi covid-19 yang semakin mengakselerasi penggunaan teknologi digital sehingga semakin banyak pelaku transaksi yang bertransformasi ke platform digital. Ini pun diikuti oleh pertumbuhan berbagai infrastruktur digital seperti tanda tangan digital dan lain sebagainya. 

Menanggapi fenomena ini, pemerintah melalui Kementerian Keuangan kemudian memproduksi meterai elektronik untuk mendorong efisiensi proses bisnis. Di awal perilisannya, pemerintah melakukan uji coba dengan badan usaha milik negara (BUMN), namun saat ini e-meterai sudah dapat diakses oleh publik. 

Perusahaan-perusahaan swasta baik multinasional, start-up, maupun UMKM sudah dapat mengakses meterai elektronik ini melalui portal resmi e-meterai pajakku.e-meterai.co.id. Lalu, apakah perusahaan swasta perlu beralih ke e-meterai? Apa saja manfaat dan kegunaan dari e-meterai ini? Mari kita simak di artikel kali ini. 

Manfaat e-Meterai

Memberikan Kesetaraan Dokumen Kertas dan Elektronik 

Secara garis besar, dokumen yang dibubuhkan oleh meterai memiliki posisi yang sah untuk dijadikan bukti dalam pengadilan. Dengan menggunakan e-meterai, dokumen elektronik anda akan memiliki kedudukan yang sama dengan dokumen kertas dan dapat digunakan sebagai bukti di pengadilan 

Mempermudah Penggunaan Meterai 

Proses bisnis tentu berisi oleh berbagai macam perjanjian dan kesepakatan baik secara internal maupun eksternal. Adanya e-meterai tentu mempermudah penggunaan meterai untuk dokumen-dokumen terkait. Perusahaan tidak perlu lagi melakukan pencetakan dokumen dan pengiriman dokumen secara konvensional yang memakan waktu. Dengan menggunakan e-meterai, pembubuhan dapat dilakukan secara elektronik dan dilakukan dalam hitungan detik saja. 

Meminimalisir Pemalsuan 

Adanya meterai digital mampu mengurangi potensi pemalsuan dokumen. Hal ini karena e-meterai sendiri memiliki fitur yang memungkinkan pembacaan keaslian data melalui aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Acrobat Reader DC. Tidak hanya itu, Peruri juga menyiapkan fitur validasi secara forensik yang menjaga meterai dari pemalsuan. 

Tentu, ketiga manfaat ini apabila kita tarik secara keseluruhan pada akhirnya mampu menunjukan bahwa dengan beralih ke e-meterai akan mendorong efisiensi bisnis secara maksimal. Perusahaan dapat menekan anggaran untuk pengiriman-pengiriman dokumen, mengurangi load pekerja tim legal dan risk management, dan lain sebagainya. 

Apabila anda hendak beralih ke e-meterai, anda bisa selalu mengaksesnya ke portal resmi e-meterai atau anda juga dapat menggunakan API e-meterai Pajakku yang nantinya bisa diintegrasikan dengan sistem ERP perusahaan anda. Apabila anda tertarik atau ingin mengetahui lebih dalam silahkan kontak tim kami di partnership@pajakku.com 

 

Baca juga Cek Jenis Dokumen Objek Bea Meterai Elektronik

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2022 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami
BAYAR
PAJAK
icon-mpn