Apa Sih Fungsi Meterai Dalam Dokumen?

Tommy, 6 bulan yang lalu
Media-Image

Jakarta - Wajib pajak pasti sudah awam dengan penggunaan meterai dalam suatu dokumen. Apabila kita hendak menandatangani dokumen penting, terkadang kita diminta untuk membubuhi dokumen tersebut dengan materai. Meterai memang berfungsi utama sebagai alat validasi keabsahan bagi dokumen-dokumen penting. Namun, fungsinya tidak hanya itu saja. Dokumen yang ditempelkan sebuah meterai berarti dokumen tersebut dipungut pajak bea oleh pemerintah.

Sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang No. 13 Tahun 1985, fungsi dari sebuah meterai adalah untuk mengenakan pajak atas suatu dokumen, bukanlah sebagai alat untuk menentukan sah atau tidaknya suatu dokumen.

Seiring dengan berkembangnya zaman, pemerintah Indonesia beberapa bulan kebelakang telah mengeluarkan e-meterai untuk digunakan pada dokumen elektronik. Dengan digunakannya e-meterai berarti dokumen elektronik juga dipungut pajak bea oleh pemerintah yang diatur dalam Undang-Undang No. 10 Tahun 2020.

Secara garis besar, berikut fungsi-fungsi dari meterai: 

  • Memungut Pajak Bea atas Dokumen

Seperti yang telah disebutkan, fungsi sebenarnya dari sebuah meterai adalah untuk memungut pajak bea atas suatu dokumen seperti yang disebutkan dalam Pasal 1 ayat (1) UU Bea Meterai. Oleh karena meterai ada yang nilainya Rp 3000, Rp 6000, dan Rp 10000. Penentuan tarif meterai ini tergantung dari jenis dokumen yang dikenakan pajak bea. Namun, perlu diingat tidak semua dokumen dikenakan pajak bea meterai.

  • Bukan Alat Utama untuk Mengesahkan Suatu Perjanjian

Surat perjanjian memang merupakan salah satu objek yang dikenakan pajak bea meterai, oleh karena itu dibubuhkan materai. Yang membuat suatu perjanjian sah bukanlah meterainya, tetapi apakah perjanjian tersebut sudah memenuhi syarat yang disebutkan pada Pasal 1320 KUHPerdata atau tidak memenuhinya. Oleh karena itu, meterai tidak dapat dijadikan satu-satunya indikator keabsahan suatu dokumen. 

  • Alat Bukti di Pengadilan

Dokumen yang memiliki meterai di atasnya dapat digunakan sebagai alat bukti di pengadilan. Tanpa pembubuhan meterai, dokumen terkait tidak bisa digunakan dalam pengadilan.

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2022 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami
BAYAR
PAJAK
icon-mpn