e-Meterai Dapat Diakses Melalui Dua Saluran Ini!

Amaranggana, 6 bulan yang lalu
Media-Image

Jakarta - Beberapa waktu belakang, Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI) menyampaikan bahwa masyarakat dapat secara langsung memanfaatkan meterai elektronik melalui distributor e-meterai dan agen pengecer. 

Meterai elektronik ini sendiri diluncurkan oleh Sri Mulyani pada tanggal 1 Oktober 2021 yang menjadi reaksi atas transaksi dengan dokumen elektronik. Saat ini, implementasi meterai elektronik memang tengah dalam uji coba oleh sejumlah pihak seperti Bank Milik Negara (Himbara) yang terdiri dari BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, dan juga Telkom Indonesia. Meskipun begitu, saat ini secara bertahap masyarakat dan korporasi umum juga telah dapat memanfaatkan meterai elektronik untuk dokumen elektronik. 

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 133 tahun 2021, masyarakat dapat membeli meterai elektronik melalui distributor di laman resmi e-meterai dan melalui pengecer meterai elektronik. Peruri sendiri telah membuka pendaftaran distributor meterai elektronik dengan harapan memudahkan masyarakat untuk memanfaatkan meterai secara elektronik. 

Untuk mengakses meterai elektronik, baik pengecer maupun masyrakat umum dapat melakukan registrasi terlebih dahulu melalui portal e-meterai.co.id dan membeli kuota meterai elektronik. Selain melalui portal resmi, masyarakat sendiri dapat melakukan pembelian melalui pengecer yang telah terdaftar dan terverifikasi oleh distributor meterai elektronik. 

Ciri-ciri meterai elektronik sendiri sama dengan meterai konvensional. Meterai ini berbentuk persegi dan memiliki warna dominan merah muda. Salah satu fitur unik meterai elektronik ini adalah tulisan ‘Meterai Elektronik’ dan angka ‘10000’ serta tulisan ‘Sepuluh Ribu Rupiah’ dan kode unik. 

Wajib pajak yang hendak memanfaatkan meterai elektronik dapat juga menggunakan meterai elektronik dari Pajakku. Produk dapat diimplementasi dengan mengintegrasikannya dengan sistem ERP perusahaan anda. Silahkan hubungi tim kami di marketing@pajakku.com untuk informasi lebih lanjut.

 

Baca juga Cek Jenis Dokumen Objek Bea Meterai Elektronik

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2022 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami
BAYAR
PAJAK
icon-mpn