Bea Meterai Elektronik: Kode Akun dan Kode Billing

Tommy, 7 bulan yang lalu
Media-Image

Jakarta - Pemerintah meluncurkan Meterai Elektronik dengan nominal Rp 10.000 per meterai bulan Oktober ini. 

Peluncuran meterai elektronik bertujuan untuk memfasilitasi transaksi elektronik yang terus meningkat, termasuk transformasi dokumen menjadi paperless. Karena itu meterai elektronik hadir sebagai solusi untuk fenomena ini. Pemerintah juga mengharapkan, dengan diluncurkannya meterai elektronik dapat mentransformasi ekonomi Indonesia ke arah yang lebih baik lagi kedepannya.

Landasan hukum terkait pengenaan bea meterai terhadap dokumen elektronik ialah Undang-Undang 10 Tahun 2020. Dokumen elektronik juga menjadi alat bukti yang sah seperti yang tertuang dalam Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 (UU IT) pada Pasal 5 ayat (1).

Dengan itu, bertambah lagi jenis meterai yang digunakan untuk membayar bea meterai yang dikenakan terhadap dokumen. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan 133/PMK.03/2021, meterai dibagi menjadi:

Meterai Tempel

Meterai dalam bentuk carik yang cara menggunakannya dengan cara ditemelkan pada dokumen fisik yang dikenakna bea meterai.

Meterai Elektronik

Meterai berupa label yang cara menggunakannya dengan cara dibubuhkan pada dokumen melalui sistem tertentu.

Meterai Dalam Bentuk Lain

Meterai yang pembuatannya menggunakan mesin teraan Meterai Digital dan teknologi percetakan. Meterai Dalam Bentuk Lain dibagi lagi:

  • Meterai Teraan yaitu meterai berupa label yang cara menggunakannya dengan cara dibubuhkan pada dokumen dengan mesin teraan Meterai Digital
  • Meterai percetakan yaitu meterai berupa label yang cara menggunakannya dengan dibubuhkan pada dokumen dengan teknologi percetakan
  • Meterai komputerisasi yaitu meterai berupa label yang cara menggunakannya dengan dibubuhkan lewat sistem komputerisasi

Setiap meterai yang digunakan juga memiliki Kode Billing dan kode jenis setoran masing masing yang digunakan oleh pembuat materai atau distributor untuk melakukan deposit. Berikut Kode Billing dan kode jenis setoran setiap meterai:

Jenis Meterai

Kode Billing atau Kode Akun Pajak

Kode Jenis Setoran

Meterai Elektronik

411611

102

Meterai Tempel

411612

100

Meterai Teraan

411611

XXX

Digit pertama diisi dengan angka “2”; Digit kedua dan ketiga diisi dengan angka “01” untuk Pembuat Meterai yang hanya memiliki 1 (satu) unit mesin teraan Meterai digital atau sesuai dengan nomor urut dilakukannya pendaftaran mesin teraan Meterai Digital untuk pembuat meterai yang memiliki lebih dari satu unit mesin.

Meterai Komputerisasi

411611

101

 

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2022 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami
BAYAR
PAJAK
icon-mpn