Tata Cara Pembelian Meterai Elektronik

Tommy, 3 bulan yang lalu
Media-Image

Jakarta - Meterai elektronik atau e-meterai nominal Rp 10.000 per meterai secara resmi diluncurkan oleh pemerintah di Auditorium CBB, Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak pada Jumat, 1 Oktober 2021.

Berdasarkan PP Nomor 86 Tahun 2021, meterai elektronik atau e-meterai adalah meterai berupa label yang cara menggunakannya dengan dibubuhkan pada dokumen melalui sistem tertentu.

Meterai elektronik diluncurkan oleh pemerintah karena terus peningkatan transaksi digital dan penggunaan dokumen elektronik, ditambah lagi pandemi COVID–19 yang mengakselerasi transformasi digital. Meterai tempel konvensional tidak bisa digunakan untuk melakukan pembayaran terhadap dokumen yang terutang bea meterai. Dengan diluncurkannya meterai elektronik, diharapkan dapat mentransformasi ekonomi Indonesia ke arah yang lebih baik kedepannya.

Penggunaan dan pembelian e-meterai tentu berbeda dengan meterai konvensional yang digunakan dengan cara ditempel pada dokumen fisik. Jadi, bagaimana cara melakukan pembelian serta menggunakan e-meterai?

Pembelian dan Penggunaan E-Meterai

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Neilmadrin Noor mengatakan, pembelian materai elektronik dapat dilakukan via daring. “Pembubuhan meterai elektronik dapat dilakukan melalui portal e-meterai pada tautan pos.e-meterai.co.id/ terlebih dahulu membuat akun pada laman tersebut,” ucap Neilmadrin.

Berikut tata cara step by step pembelian meterai elektronik secara online via https://pos.e-meterai.co.id/ di bawah ini,

  1. buka lah portal e-meterai (https://pos.e-meterai.co.id/)
  2. klik tombol yang bertuliskan “BELI E-METERAI”
  3. jika ini merupakan pertama kali anda, lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan klik “Daftar di sini.” Jika bukan, masukan email dan password pada kolom yang disediakan, lalu klik tombol ”Log in”
  4. periksa kotak masuk SMS anda, lalu masukan kode OTP yang dikirimkan untuk proses validasi
  5. setelah berhasil Log in, akan muncul dua pilihan menu, yaitu Pembubuhan dan Pembelian. Jika belum membeli meterai elektronik, pilih Pembelian. Jika sudah, bisa langsung memilih Pembubuhan
  6. jika sudah di tahap pembubuhan, masukkan detail informasi dokumen seperti tanggal, nomor dokumen, dan tipe dokumen
  7. setelah itu, unggahlah dokumen dalam format PDF
  8. posisikan meterai sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  9. klik “Bubuhkan Meterai”, lalu pilih “Yes”
  10. selanjutnya, isi PIN yang telah didaftarkan, dan proses pembubuhan selesai
  11. file PDF dari dokumen yang sudah dibubuhi meterai elektronik bisa langsung anda unduh atau kirim ke email yang sudah terdaftar

Meterai elektronik yang dibubuhkan pada dokumen anda akan memiliki kode unik berupa nomor seri dan juga keterangan tertentu yang terdiri atas lambang negara Garuda Pancasila, tulisan “Meterai Elektronik”, dan tulisan angka menunjukan besaran nominal dari bea meterai.

 

Baca juga Cek Jenis Dokumen Objek Bea Meterai Elektronik

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2022 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami
BAYAR
PAJAK
icon-mpn