Cek Pajak Kendaraan Bermotor dari Rumah

Aji Maulana, 9 hari yang lalu
Media-Image

Jakarta - Masih ingat beberapa tahun yang lalu ketika kita harus datang ke kantor Samsat terdekat di domisili kita hanya untuk memeriksa pajak kendaraan bermotor mobil atau sepeda motor kita? Betapa banyak waktu dan tenaga yang harus sengaja kita luangkan untuk dapat mengetahui apakah ada perubahan pajak kendaraan bermotor di kendaraan yang kita miliki.

Kendaraan bermotor merupakan sebuah barang konsumsi yang tentunya nilai gunanya akan semakin menurun setiap waktunya seiring dengan kita gunakan sehari-hari. Maka dari itu, pajak yang membersamainya juga akan mengalami penyesuaian dari waktu ke waktu. Karenanya, memeriksa pajak kendaraan bermotor secara berkala bisa dibilang sangat perlu agar kita mengetahui dana yang harus kita siapkan.

Perkembangan teknologi dan informasi mengubah hampir semua tatanan kehidupan dan bagaimana kita melakukan suatu hal. Salah satunya adalah bagaimana cara kita memeriksa kendaraan bermotor dari rumah.

Dikutip dari laman resmi Samsat Nasional, cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek pajak kendaraan bermotor dari rumah adalah dengan membuka situs https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/. Di halaman tersebut akan menampilkan info pajak kendaraan bermotor Anda dan juga besaran nominal yang harus dibayarkan. Anda tinggal memasukkan nomor kendaraan dan Nomor Induk Kependudukan (NIK), selanjutnya Anda dapat memilih metode pembayaran yang tersedia sesuai dengan preferensi.

Cara yang lainnya adalah dengan mengunduh secara gratis aplikasi Samsolnas yang tersedia di Google Playstore untuk pengguna Android. Sama mudahnya ketika memeriksa pajak melalui situs web, di aplikasi ini berkas yang diperlukan hanyalah data NIK dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Namun ternyata pembayaran melalui daring tidak berlaku untuk pembayaran wajib pajak yang disertai dengan gantai/blokir STNK.

Cara menggunakan aplikasi Samsolnas terbilang cukup mudah dan simpel. Anda tinggal mengikuti arahan dari menu yang ditampilkan. Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu sampai Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) terbit dan dikirim ke alamat atau surel Anda. Selanjutnya, Anda hanya perlu membawa berkas yang telah diterima tersebut ke Samsat untuk melakukan proses pembayaran pajak kendaraan Anda. 

Tidak hanya di Jakarta saja kawasan yang dapat menikmati kemudahan dalam memeriksa pajak kendaraan bermotor dari rumah. Sistem online ini sudah terintegrasi dan dapat digunakan oleh masyarakat dari berbagai daerah, di antaranya Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, Banten, Bali, dan  juga Kalimantan Timur. Untuk wilayah yang lainnya masih dalam tahap pengembangan sistem yang nantinya diharapkan agar dapat terintegrasi dengan seluruh wilayah di Indonesia. 

Dengan kemudahan yang telah diterapkan ini, harapan pemerintah kedepannya adalah agar masyarakat semakin nyaman dan taat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan. Pajak kendaraan sangat penting bagi pembangunan negara dalam berbagai aspek. Sudahkah Anda membayar pajak kendaraan bermotor?

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2021 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami
BAYAR
PAJAK
icon-mpn
Web Info