Pembayaran Pajak Kendaraan Online Sepanjang Masa PPKM

Tommy, 2 bulan yang lalu
Media-Image

Indonesia - Naiknya kasus penyebaran virus korona atau Covid – 19 belakangan ini, khususnya di wilayah Jawa dan Bali membuat pemerintah akhirnya menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat. PPKM darurat diberlakukan mulai tanggal 3 – 20 Juli 2021 dan kemudian diperpanjang hingga tanggal 2 Agustus 2021. Sekarang ini, berbagai macam aktivitas dibatasi, termasuk transportasi dan juga layanan publik. Aktivitas di beberapa tempat seperti mal, tempat ibadah, dan kantor non-esensial ditiadakan sementara. Lalu, bagaimana bagi mereka pemilik kendaraan yang ingin membayar pajak?

Humas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta, Herlina Ayu menuturkan, sampai saat ini Samsat tetap beroperasional seperti biasa di Ibu Kota. Tetap dibuka pada pukul 08.00 – 14.00 WIB pada hari Senin sampai dengan Kamis dan pukul 08.00 WIB – 14.30 pada hari Jumat. Tetapi, beliau juga mengatakan bahwa pembayaran pajak kendaraan bisa memanfaatkan layanan daring atau online guna memastikan keamanan diri dari lonjakan kasus pandemi Covid-19 saat PPKM berlangsung. Bagi yang ingin menggunakan layanan tersebut untuk membayar pajak kendaraan, Wajib Pajak cukup mengunduh Samsat Online Nasional (Samolnas) yang dibuat oleh Pembina Samsat Nasional sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Aplikasi Samsat Online Nasional dapat digunakan untuk membayar pajak tahunan, melakukan pembayaran PNBP Pengesahan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), dan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan). Hadirnya cara membayar pajak kendaraan mobil dan motor secara daring dapat membantu pemilik kendaraan terhindar dari denda yang berlaku karena sulitnya meluangkan waktu ke kantor Samsat, ditambah diberlakukannya PPKM oleh pemerintah.

Tata Cara Bayar Pajak Kendaraan Online

Berikut ini merupakan pedoman tata cara yang dapat digunakan oleh Wajib Pajak saat melakukan pembayaran pajak kendaraan secara online:

  • Melakukan pengunduhan aplikasi Samolnas
  • Setelah apliaksi sukses terinstal, tekan “mulai dan pendaftaran”
  • Melakukan pengisian data pada kolom yang disediakan, yaitu nomor polisi, NIK, dan 5 digit nomor terakhir rangka kendaraan, lalu tekan “lanjutkan”
  • Kemudian data akan diproses oleh sistem kurang lebih satu menit. Jika data yang dimasukkan sudah valid, maka akan muncul data lengkap mengenai kendaraan yang akan dibayar pajaknya serta besaran pajak terutang yang harus dilunasi oleh Wajib Pajak
  • Kode bayar akan muncul selama 2 jam dan untuk pembayaran dapat dilakukan via bank atau saluran pembayaran lainnya dengan tambahan biaya administrasi sebesar Rp 5.000
  • Setelah itu Wajib Pajak akan mendapatkan e-TBPKB dan e-Pengesahan STNK yang berlaku selama 30 hari
  • Wajib Pajak bisa mendapatkan TBPKB/SKPD dan stiker pengesahan STNK yang akan dikirimkan oleh Samsat melalui jasa ekspedisi ke alamat yang tertera di STNK.

Beberapa catatan penting yang perlu diketahui, pembayaran pajak kendaraan mobil dan motor secara online, melalui aplikasi Samolnas hanya berlaku untuk perpanjangan STNK tahunan dengan keterlambatan pembayaran pajak tidak lebih dari setahun. Pembayaran dapat dilakukan lewat sejumlah bank yang sudah bekerja sama dengan Samolnas, yaitu bank BNI, BRI, Mandiri, BTN, BCA, CIMB Niaga, Permata Bank, dan e-commerce Tokopedia. Jika terjadi kendala dalam bentuk alamat Wajib Pajak yang tidak sesuai dengan STNK, maka dapat menghubungi call center Samsat setempat untuk melakukan konfirmasi.

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2021 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami
BAYAR
PAJAK
icon-mpn
Web Info