Dokumen yang WAJIB Dimiliki Setiap Perusahaan

Tommy, 8 hari yang lalu
Media-Image

Jakarta - Mendirikan sebuah perusahaan yang resmi tentu bukanlah hal yang mudah. Banyak yang perlu dipersiapkan, terutama biaya modal yang menjadi fondasi pembangunan perusahaan tersebut dan relatif besar. Selain itu, terdapat komponen sangat penting yang wajib dimiliki setiap perusahaan, yaitu dokumen hukum.

Terlepas dari jenis dan ukuran perusahaan, setiap perusahaan wajib memenuhi sejumlah syarat administratif  berupa dokumen penting atau surat izin agar perusahaan dapat terdaftar sebagai badan usaha yang sah. Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, berikut sejumlah daftar dokumen yang harus dimiliki pengusaha sebagai bukti legalitas perusahaan.

Akta Pendirian Perusahaan

Akta Pendirian Perusahaan dibuatkan dan disahkan oleh notaris. Dokumen ini merupakan dokumen utama yang menjadi langkah awal pendirian badan usaha atau perusahaan. Akta Pendirian Perusahaan berisi sejumlah informasi penting perusahaan, yaitu nama perusahaan, tempat kedudukan badan usaha, susunan pengurus usaha, jenis bidang usaha yang dijalankan, hingga modal awal yang digunakan untuk mendirikan perusahaan. Dicantumkan juga Hak dan Kewajiban seluruh pihak pelaku usaha dalam dokumen ini.

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk melengkapi dokumen administrasi perpajakan yang legal adalah memiliki NPWP. Memiliki NPWP berarti perusahaan Anda terdaftar secara resmi dalam sistem perpajakan Indonesia, sehingga dapat melaksanakan kewajiban pajak secara utuh. Mendapatkan NPWP hanya perlu mengajukan permohonan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau dapat melalui aplikasi yang disediakan Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP).

Surat Izin Tempat Usaha

Pemilik usaha perorangan, badan usaha, atau perusahaan yang didirikan secara kelompok diharuskan untuk memiliki Surat Izin Tempat Usaha. Memiliki dokumen ini membuktikan keabsahan tempat usaha sesuai dengan peraturan tata ruang wilayah setempat. Perusahaan yang memiliki dokumen in juga akan lebih mudah dalam mengurus penanaman modal untuk kelancaran usaha yang dijalankan.

Surat Izin Usaha Industri (SIUI)

Surat Izin Usaha Industri tidak kalah penting dengan dokumen legalitas lainnya. Dokumen legalitas ini diwajibkan bagi perusahaan atau pengusaha yang memiliki modal dalam rentang 5 hingga 200 juta. Bagi usaha mikro, kecil, dan menengah, dapat mengajukan permohonan SIUI ke Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Daerah Tingkat II Kabupaten atau Kota. Untuk pengusaha berskala besar, dapat mengurusnya langsung ke Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Tingkat I yang berada di satuan provinsi atau BKPM.

Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP)

Dokumen yang satu ini digunakan untuk keterangan tempat kediaman badan usaha yang dijalankan. SKDP dapat diurus dan diajukan ketika perusahaan sudah mendapatkan akta pendirian. SKDP memilik batas waktu berlakunya. Perusahaan yang bertempat di bangunan kantor bersama harus memperbaharui SKDP setiap 5 tahun sekali, sedangkan bagi virtual office setiap 1 tahun sekali.

Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

TDP merupakan dokumen yang membuktikan bahwa perusahaan telah terdaftar secara sah. TDP hanya diwajibkan bagi badan usaha berbadan hukum seperti PT, CV, atau Firma. Perusahaan perlu mengajukan permohonan serta menerima pengesahan akta perusahaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2021 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami
BAYAR
PAJAK
icon-mpn
Web Info