Apa itu e-Filing Pajakku?

Fatimah, 9 hari yang lalu
Media-Image

Jakarta - e-Filing adalah penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) yang dilakukan secara elektronik berbasis online dan real time melalui internet pada laman website Direktorat Jenderal Pajak (DJP) atau Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP).

e-Filing Pajakku merupakan aplikasi pelaporan pajak secara elektronik dan real time, multi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), multi pasal dengan bukti penerimaan elektronik yang sah sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan perpajakan yang berlaku.

Ketika melakukan pelaporan dengan e-Filing Pajakku, adapun syarat utama yang perlu dipenuhi Wajib Pajak (WP) yaitu :

  1. WP merupakan member Pajakku.
  2. WP harus memiliki nomor EFIN yang sudah teraktivasi.


Sekedar informasi Wajib Pajak (WP) adalah orang pribadi atau badan yang memiliki hak dan kewajiban dalam menjalankan peraturan perundang-undangan perpajakan seperti membayar pajak atau menerima insentif pajak. 

Sedangkan nomor EFIN atau Electronic Filing Identification Number adalah nomor identitas WP yang diterbitkan oleh DJP untuk melakukan transaksi elektronik seperti lapor SPT melalui e-Filing.

Perlu diingatkan kembali, untuk menggunakan e-Filing Pajakku, WP harus menjadi member Pajakku. WP cukup melakukan registrasi melalui website Pajakku. Adapun langkah-langkah dalam melakukan registrasi untuk menjadi member, berikut merupakan langkah-langkah melakukan pendaftaran sebagai member Pajakku :

  1. Buka website https://www.pajakku.com
  2. Setelah memasuki laman website, pilih tombol ‘Member’ dan klik ‘Daftar’.
  3. Pada layar akan tampil kolom identitas diantaranya yaitu email, username, nama lengkap, nomor handphone. Isilah kolom tersebut dengan lengkap sesuai identitas.
  4. Setelah mencantumkan data diri, isi kolom password, jangan lupa untuk konfirmasi ulang password.
  5. Setelah melengkapi kolom-kolom tersebut, konfirmasi ulang data diri dengan klik Captcha.
  6. Setelah itu, klik ‘Sign Up’.


Usai melengkapi data tersebut, WP sudah resmi menjadi member Pajakku. Setelah menjadi member, WP baru dapat melaporkan pajak dengan e-Filing Pajakku. Adapun langkah-langkah yang perlu diketahui dalam melaporkan pajak dengan e-Filing Pajakku, diantaranya yaitu :

  1. Buka website https://www.pajakku.com
  2. Setelah memasuki laman website, pilih tombol ‘Member’ dan klik ‘Masuk’.
  3. Pada layar akan tampil kolom identitas. Isilah kolom identitas tersebut dengan email/username dan password, lalu klik ‘Sign In’.
  4. Pada layar akan terlihat opsi ‘Perusahaan’. Klik opsi tersebut lalu pilihlah perusahaan yang dituju untuk melakukan setor pajak.
  5. Setelah itu, klik ‘Pelaporan’ lalu klik simbol ‘+’ atau tambah.
  6. Klik ‘pilih file lapor’ untuk memasukan file csv
  7. Klik ‘pilih pdf’ untuk memasukan file pdf
  8. Klik ‘Kirim’ untuk finalisasi laporan.


Apabila WP sudah mengikuti langkah-langkah tersebut, maka pelaporan pajak sudah terkirim. WP hanya perlu menunggu bukti pelaporan elektronik (BPE). BPE dapat diperiksa kembali melalui kolom pelaporan lalu klik ‘Check’. Demikian cara melaporkan pajak dengan e-Filing Pajakku. Apabila terdapat kendala seputar pengisian, WP dapat melaporkan kendala tersebut kepada tim pelayanan Pajakku.

Sumber

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2020 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami
BAYAR
PAJAK
icon-mpn
Web Info