Mengapa ada Tax Amnesty

Cristin, 12 hari yang lalu

Jakarta - Tax amnesty atau yang biasa disebut sebagai pengampunan pajak merupakan suatu sistem pengampunan pajak yang seharusnya dibayar oleh wajib pajak melalui pengungkapan harta yang dimiliki oleh wajib pajak yang kemudian melakukan pembayaran uang tebusan sebagaimana yang dimaksud dalam Undang-undang No.11 tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak yang membahas mengenai wajib pajak hanya diperlukan untuk mengungkapkan harta yang dimiliki dan kemudian membayar tebusan pajak sebagai metode pajak pengampunan atas harta wajib pajak yang tidak pernah dilaporkan selama ini. Jadi dengan kata lain Tax amnesty atau pengampunan pajak ini menjadi sarana untuk pemerintaha guna untuk meningkatkan pendapatan pajak dan kepatuhan perpajakan wajib pajak. 


Tax Amnesty atau pengampunan pajak ini dilakukan pemerintah untuk menarik uang dari para wajib pajak yang banyak diduga menyimpan sejumlah harta secara rahasia di negara-negara yang bebas pajak sehingga adanya simpanan uang atau harta tersebut di negara-negara yang bebas pajak tersebut akan mengakibatkan turunnya penerimaan negara dari sektor perpajakan. Dengan demikian untuk meningkatkan penerimaan negara dari sektor perpajakan, pemerintahan memberlakukan kebijakan tax amnesty ini untuk mengalihkan simpanan ke dalam negeri sehingga pendapatan negara dari sektor pajak dapat meningkat dan dapat segera berkontribusi secara signifikan terhadap pembangunan ekonomi dalam negeri. 


Perlu kita ketahui juga bahwa penerapan tax amnesty atau pengampunan pajak ini juga tidak hanya diberlakukan di Indonesia saja, melainkan banyak negara pun ikut menerapkan kebijakan tax amnesty ini. Banyak negara tersebut diantaranya seperti Australia, Belgia, Kanada, Jerman, Yunani, Italia, Portugal, Rusia, Afrika Selatan, Spanyol, dan Amerika Serikat.


Kita tau apa yang dimaksud dalam tax amnesty atau pengampunan pajak tersebut, lantas apa tujuan tax amnesty di Indonesia sendiri ?

Dari segi tujuannya di Indonesia tax amnesty ini mempunyai 3 tujuan kenapa diberlakukan di Indonesia, antaranya adalah :

  1. Untuk terjadinya peningkatan likuiditas domestik serta dengan adanya tax amnesty dapat memperbaiki nilai tukar rupiah melalui pengalihan harta. 
  2. Untuk mempercepat reformasi perpajakan 
  3. Untuk meningkatkan penerimaan negara dari pajak.


Dalam menjalankan kegiatan tax amnesty ini pemerintah Indonesia juga memberikan beberapa kemudahan untuk wajib pajak yang ingin melakukan tax amnesty agar dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Kemudahan-kemudahan tersebut antara lain : 

  1. Sanksi administratif yang dihapuskan
  2. Tidak adanya pemeriksaan pajak untuk penindakan untuk tujuan pidana
  3. Segala pajak-pajak yang terutang akan dihapuskan
  4. Adanya penghentian pemeriksaan pajak bagi wajib pajak yang sedang diperiksa
  5. Tidak adanya PPh Final yang dikenakan untuk pengalihan harta berupa saham, bangunan, atau tanah.


Secara khusus untuk wajib pajak yang menyimpan hartanya di negara lain maka wajib pajak yang bersangkutan tersebut harus menyalurkan hartanya yang selama ini tersimpan di luar negeri guna untuk diinvestasikan di Indonesia selama 3 tahun lamanya, dimana investasi yang dimaksud dapat berbentuk obligasi BUMN, investasi keuangan dalam bank di dalam negeri, obligasi pada perusahaan yang ada di dalam negeri, melakukan kerjasama dengan pemerintah atau badan usaha sebagai investasi pada pembangunan dan infrastruktur, serta investasi lain-lainya. 

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2020 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami
BAYAR
PAJAK
icon-mpn
Web Info