Swiss Bisa Bayar Pajak Menggunakan Mata Uang Digital Mulai 2021

Fatimah, 8 hari yang lalu

Swiss - Pemerintah negara bagian Zoug, Swiss mulai memberikan izin kepada masyarakat bahwa seluruh Wajib Pajak Swiss dapat menggunakan mata uang digital berupa Bitcoin dan Ether sebagai alat untuk membayar pajak. Mengingat bahwa penerimaan mata uang digital yang terus kian meningkat di sekitar masyarakat, kebiajakan tersebut akhirnya dibuat dan akan diresmikan pada tahun depan.

Direktur Departemen Keuangan Kanton, Zug Heinz Tannler menyampaikan bahwa pemerintah telah membangun kolaborasi dengan Bitcoin Suisse sejak awal September 2020. Kolaborasi pembayaran pajak dengan cryptocurrency atau mata uang elektronik dilakukan sehingga pembayaran pajak dapat dengan mudah dilakukan secara elektronik menggunakan mata uang elektronik. Secara umum Zoug merupakan rumah bagi perusahaan-perusahaan cryptocurrency sehingga penting bagi warga Swiss untuk mempermudah dan menyederhanakan penggunaan mata uang elektronik tersebut yang akan digunakan dalam kebutuhan dan kehidupan sehari-hari.

Zug Heinz Tannler menambahkan kebijakan mengakomodasi mata uang elektronik tersebut untuk pembayaran pajak adalah hal yang signifikan. Pada tahap awal, nilai pembayaran pajak dengan kripto akan dibatasi maksimal 100.000 franc Swiss atau senilai dengan Rp 1, 6 miliar. Wajib Pajak orang pribadi atau badan di Swiss sudah bisa melakukan kegiatan bayar pajak dengan memakai uang elektronik Bitcoin dan Ether mulai bulan Februari 2021. Pada sisi lain, pemerintah negara bagian akan terhindar dari kerugian apabila mengakomodasikan skema pembayaran dengan mata uang elektronik yang cukup terkenal dalam masyarakat dan memiliki volatilitas nilai tukar yang cukup tinggi.

Penyebabnya adalah setiap pembayaran pajak dengan menggunakan uang elektronik akan secara otomatis langsung dikonversikan menjadi franc Swiss. Oleh karena itu, pada penerimaan yang tercatat masuk ke dalam kas negara bagian telah berubah dalam bentuk franc Swiss. Dengan kata lain, volatilitas cryptocurrency tidak memiliki pengaruh karena pembayaran akhir dalam bentuk franc Swiss. Menurut pendiri dan Ketua Bitcoin Suisse, Niklas Nikolajsen bahwa saat ini dengan Bitcoin yang menguat selama pandemi COVID-19 berlangsung, para ahli mengatakan bahwa Tindakan ini dapat menjadi preventif sekaligus dapat melindungi nilai inflasi.

Pada kabar lain, Zoug bukan satu-satunya daerah yang memberlakukan metode pembayaran pajak menggunakan mata uang elektronik. Salah satu negara yang menggunakan metode tersebut adalah negara bagian Ohio, Amerika Serikat. Hal tersebut telah dilansir pada Tax Notes International bahwa Amerika Serikat telah menjalankan metode pembayaran pajak menggunakan mata uang elektronik sejak 2018. Walaupun demikian, kebijakan pada negara bagian Ohio tersebut hanya bertahan selama satu tahun. Hal tersebut disebabkan oleh Pemerintah Ohio yang mengakui adanya peninjauan yang perlu dilakukan lebih dalam dan rinci lagi dalam kontrak yang perlu dilakukan untuk menyempurnakan proses pembayaran pajak.

 Pada kabar lebih lanjut, Pemerintah Ohio berpendapat bahwa pada skema proses pembayaran melalui uang elektronik, belum juga masuk ke dalam kamus administrasi negara bagian. Oleh sebab itu, perlu diadakannya regulasi pendukung terlebih dahulu.

Sumber

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2020 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami
BAYAR
PAJAK
icon-mpn
Web Info