Setoran pajak di Latvia Naik 8 Persen pada Bulan Agustus

Fatimah, 9 hari yang lalu

Latvia - Badan Kebijakan Fiskal Latvia (FDP) menekankan, bahwa pada setoran wajib untuk iuran asuransi sosial negara telah meningkat. “Apabila dilihat dari prospek sebelumnya, titik terendah penerimaan pajak sudah terjadi pada Mei 2020. Penduduk mulai lebih optimis dengan kondisi keuangan masing-masing dari mereka, serta mulai melakukan kegiatan jual beli yang sebelumnya sempat tertunda selama masa krisis pandemi. Hal tersebut tentunya dapat meningkatkan pengumpulan pajak konsumen dan pajak lainnya selama proses berlangsung,” ucap FDP.

Badan Kebijakan Fiskal Latvia (FDP) juga menyampaikan bahwa walaupun terdapat perbaikan pada setoran pajak dalam beberapa tahun terakhir ini, rencana setoran pajak tahun 2020 tidak akan berakhir sepenuhnya. Pada realisasi setoran pajak pertambahan nilai atau PPN, hingga periode Agustus 2020 target sudah terpenuhi dan mencapai angka 86, 1 persen dari yang ditargetkan. Begitu pula dengan cukai yang telah dipenuhi sebesar 87, 3 persen yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Latvia.

 Adapun setoran pajak penghasilan badan yang telah mencapai 76, 3 persen dari tatget per Agustus 2020. Realisasi setoran pajak penghasilan orang pribadi secara tidak terduga telah melampaui target dengan angka sebanyak 2, 3 persen. Sedangkan, rencana untuk setoran wajib untuk iuran asuransi sosial negara telah dibayar sebesar 93, 2 persen. FDP menerangkan, bahwa realisasi setoran pajak berjalan dengan baik secara umum dan dapat dianggap sebagai salah satu tanda dari pemulihan ekonomi Latvia. FDP juga melaporkan kepada Kementrian Keuangan Latvia, bahwa pengaruh setoran pajak jauh lebih kecil (EUR 139, 9 juta) dibandingkan perkiraan awal dengan jumlah EUR 331 juta. 

Badan Kebijakan Fiskal Latvia pun menyimpulkan, bahwa secara umum apabila terdapat keseimbangan pada dasar dan anggaran khusus, maka hal tersebut dapat dikatakan cukup memenuhi syarat dalam keadaan darurat. Sesuai dengan data Pembendaharaan Negara, pada saldo anggaran dasar negara sebanyak negatif EUR 216, 3 juta pada akhir periode Agustus (surplus EUR 227, 9 juta pada Agustus 2019). Pada saldo anggaran khusus sebelumnya sebesar EUR 27, 9 juta pada akhir Agustus 2020, sedangkan pada tahun lalu angkanya sebesar EUR 234, 5 juta.

Sementara itu, para pengawas Badan Kebijakan Fiskal Latvia (FDP) berkata bahwa dinamika belanja APBN masih belum jelas. Dengan demikian pemerintah belum melaporkan kebijakan belanja APBN secara lengkap. Pencatatan belanja tidak berjalan optimal disebabkan oleh serapan paket stimulus ekonomi pemerintah yang belum dilakukan secara menyeluruh. Hasilnya, FDP mengakui bahwa laporan realisasi belanja program stimulus ekonomi belum terkonsolidasi. Adanya peningkatan besar pada pengeluaran pemerintah dapat mencerminkan dukungan negara pada masa pandemi. Walaupun demikian, pada data kenaikan belanja dilaporkan tidak sama dedngan laporan pemerintah. Pada periode Agustus 2020, FDP juga menerima pengembalian kecil untuk anggaran negara dari Uni Eropa yang jumlahnya hanya sebesar 31, 9 juta.

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2020 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami
BAYAR
PAJAK
icon-mpn
Web Info