Tantangan Perpajakan di Era Industri 4.0

I Made Revi Armana, 6 hari yang lalu

Indonesia - Apa itu Industri 4.0 ?

Istilah industri 4.0 mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, terutama untuk generasi yang hidup di era globalisasi dengan arus perkembangan teknologi yang sangat cepat seperti yang kita rasakan saat ini. Industri 4.0 merupakan industri yang mengkolaborasikan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi sehingga meminimalisir peranan manusia di dalamnya atau dalam kata lain industry 4.0 adalah industri yang serba digital dan canggih. Hidup di era industri 4.0 tentunya memiliki tantangan tersendiri, kita akan selalu dipacu untuk selalu berinovasi dan juga bisa bersaing industri ini. Dengan adanya inovasi akan membuat kita mampu menjadi pribadi yang unggul dan mampu menempatkan diri untuk menjadi bagian penting di era serba digital seperti yang kita rasakan saat ini.

Di era industri 4.0 bisa dikatakan memiliki sisi positif dan juga negatif, di satu sisi dengan adanya teknologi akan sangat membantu dalam menunjang pekerjaan kita dan akan menciptakan sistem yang sangat efisien, namu di sisi lain tanpa kita sadari peranan dari sumber daya manusia akan perlahan tergantikan oleh sistem. Maka dari itulah kita akan selalu dituntut untuk selalu belajar, kreatif dan berinovasi agar tidak tergerus dengan era serba digital ini sehingga antara teknologi dan sumber daya manusia akan selalu berdampingan untuk menciptakan sinergi yang kuat.

Bagaimana dengan kegiatan Perpajakan? Pajak tentunya akan selalu menjadi bagian penting bagi keberlangsungan hidup suatu negara karena merupakan salah satu sumber pendapatan terbesar. Oleh karena itu sistem perpajakan juga harus bisa disenergikan dengan era industri saat ini yang semuanya serba digital, dengan adanya sistem digital atau online tentunya akan mempermudah semua administrasi perpajakan yang sebelumnya cenderung masih konvensional. Seperti yang kita ketahui sebelum diterapkannya sistem online, proses pelaporan pajak masih dilakukan secara manual dengan dating langsung ke kantor pajak sembari mebawa semua berkas SPT yang juga masih dicetak secara manual. Tentunya hal tersebut membutuhan proses yang panjang dan tidak efisien dari segi waktu dan tenaga.

Melalui Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomor PER-03/PJ/2015 maka Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menetapkan bahwa sistem pelaporan pajak bisa dilakukan secara online atau lebih dikenal dengan nama e-filing. Peraturan ini sudah dikeluarkan sebelum kita mengenal istilah industri 4.0, sehingga keberadaan e-filing menjadi salah satu nilai positif bagi sistem perpajakan di Indonesia. Sampai saat ini E-filing dirasa cukup untuk menjawab tantangan di industri serba digital ini, tetapi kita harus ingat kembali bahwa tetap diperlukan adanya inovasi untuk memperbarui sistem yang sudah ada agar di masa depan e-filing bisa lebih baik dan menjadikannya sebagai sistem andalan dalam pelaporan pajak.

Apakah e-filing hanya dimiliki oleh DJP?

Tentu saja tidak, sampai saat ini dari pihak Direktorat Jenderal Pajak juga memiliki mitra resmi yang ditunjuk langsung yang dikenal dengan Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP). Pihak PJAP diberikan kewenangan juga oleh pihak DJP untuk memproduksi dan mengembangkan aplikasinya secara mandiri sehingga melalui PJAP inilah e-filing diharapkan bisa dikembangkan lebih luas lagi sehingga menjadi platform yang mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi semua penggunanya di era industri digital saat ini. Namun pengembangan dan inovasi yang dilakukan tentunya harus tetap mengacu pada peraturan perundang-undangan yang ada dan juga tetap bersinergi dengan sistem yang sudah disediakan oleh pihak DJP. Salah satu PJAP resmi yang ada di Indonesia dan telah menjadi rekanan dari DJP adalah Pajakku. Pajakku juga memiliki layanan e-filing yang mudah diakses, dengan bantuan tim support yang selalu sedia membantu segala keperluan pepajakan yang dimiliki oleh para Wajib Pajak.

Jadi di era industri 4.0 semua pihak diharapkan untuk selalu berkarya, berinovasi dan juga kreatif agar mampu bersaing dan memberikan kemampuan terbaiknya, tidak terkecuali pihak yang berkecimpung di bidang perpajakan, sistem perpajakan harus selalu dikembangkan untuk memberikan kemudahan bagi wajib pajak dalam menyampaikan pelaporan pajaknya. Jangan lupa juga untuk buka situs www.pajakku.com untuk segala keperluan perpajakan anda di era industri 4.0.

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2020 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami