EFIN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI

J M, 16 hari yang lalu

Jakarta - Electronic Filing Identification Number atau yang lebih sering dikenal dengan EFIN merupakan 10 digit nomor identitas yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk semua Wajib Pajak (WP). Kode EFIN ini digunakan untuk mengidentifikasi WP dalam fitur e-filing yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). E-filing DJP ini mempermudah para WP untuk pelaporan pajak secara online ke DJP.

EFIN juga merupakan syarat wajib yang harus dimiliki oleh setiap WP agar bisa melaporkan pajak yang telah WP setorkan, baik melalui aplikasi e-filing yang telah disediakan oleh DJP ataupun melalui Perusahaan Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) yang telah ditunjuk langsung untuk membantu WP melaporkan pajak mereka ke DJP.

EFIN juga akan membantu para WP untuk dapat melaporkan SPT tahunan dan SPT masa dengan nyaman dan aman karena setiap EFIN sudah terenkripsi sehingga kerahasiaan data dari tiap WP yang akan melapor pasti terjamin

Di Indonesia, EFIN dibagi menjadi dua berdasarkan penggunanya, yaitu EFIN untuk WP Badan dan WP Pribadi. Kedua jenis EFIN ini memiliki beberapa perbedaan, antara lain:

1.    EFIN WP Badan.

EFIN WP Badan merupakan EFIN yang dikeluarkan oleh DJP untuk WP badan usaha ataupun perusahaan.

2.    EFIN WP Pribadi

EFIN WP Pribadi merupakan EFIN yang dikeluarkan oleh DJP untuk WP orang pribadi yang sudah memiliki penghasilan. EFIN ini dibutuhkan oleh WP pribadi untuk melakukan pelaporan SPT. EFIN ini bisa didapatkan oleh WP orang pribadi dengan mengajukan permohonan aktivasi EFIN ke KPP terdekat.

Menurut peraturan DJP Nomor Per-32/PJ/2017 mengenai Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online, untuk mendapatkan EFIN, WP harus datang langsung ke KPP terdekat dan juga tidak dapat diwakilkan dan melengkapi beberapa persyaratan yang dibutuhkan. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan oleh WP Pribadi untuk mendapatkan EFIN, yaitu:

1.      Mengunduh formulir permohonan aktivasi dan melengkapi data-data yang dibutuhkan. Formulir dapat diunduh melalui website DJP

2.      Hadir ke KPP dengan membawa berkas-berkas yang dibutuhkan, seperti:

a.      Formulir aktivasi yang sudah terisi

b.      Alamat surel aktif untuk mengirimkan verifikasi dari DJP

c.      Identitas diri asli dan fotokopi, seperti KTP untuk WNI dan KITAS/KITAP untuk WNA

d.      NPWP asli dan fotokopi

Setelah mendapatkan EFIN, diharapkan para WP menjaga kerahasiaannya karena sering kali terjadi penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

EFIN yang telah didapatkan harus diaktivasi terlebih dahulu sebelum digunakan untuk melakukan pelaporan. EFIN yang berupa 10 digit nomor dari petugas KPP harus diaktivasi melalui website resmi DJP Online pada tautan yang terdapat dalam surel yang dikirimkan.

Setelah mendapatkan surel konfirmasi yang terdapat password sementara dari EFIN tersebut, pilih tautan pada email yang ada, kemudian ganti password tersebut dengan password baru yang WP inginkan.

EFIN harus langsung diaktivasi dan didaftarkan pada aplikasi pajak yang digunakan karena jika sudah melebihi 30 hari dan belum melakukan aktivasi, maka WP harus melakukan permohonan aktivasi EFIN kembali ke DJP

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2020 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami