Syarat Untuk Daftar NPWP Online

Fictor, 4 bulan yang lalu

Jakarta - NPWP adalah Nomor Pokok Wajib Pajak, NPWP adalah nomor yang diberikan kepada para Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas seorang Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajibannya dalam urusan pajak. NPWP wajib dimiliki oleh warga Indonesia, tidak dibedakan antara perorangan ataupun badan usaha. NPWP tersebut dijadikan sebagai sarana tanda pengenal untuk melakukan administrasi perpajakan atau acuan untuk melakukan pembayaran pajak, juga menjadi salah satu persyaratan dalam sejumlah pelayanan umum, seperti pengajuan kredit, pembuatan paspor, dan sebagainya.

               Dengan kemajuan teknologi yang terus menerus berkembang kea rah yang lebih tinggi. Dunia perpajakan pun mendapatkan keuntungannya tersendiri, salah satu keuntungan yang didapat dunia perpajakan adalah fasilitas pendaftaran NPWP secara online dan lain sebagainya. E-Registration pajak, sebuah fasilitas pendaftaran untuk para Wajib Pajak secara online yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Fasilitas ini mencakup pendaftaran dan penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), pengukuhan dan pencabutan Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang secara langsung terintegrasi dengan database perpajakan pusat. Tidak hanya itu, perkembangan teknologi juga memberikan kemudahan di dunia perpajakan dengan cara adanya PJAP (Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan), yang dapat membantu para Wajib Pajak melakukan kewajibannya dalam bidang perpajakan.

               Artikel ini akan membahas cara untuk mendaftarkan atau membuat NPWP. Nomor Pokok Wajib Pajak untuk perorangan ataupun untuk badan merupakan komponen penting bagi warga negara. Terdapat berbagai macam pelayanan publik yang terhubung dengan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Tidak hanya itu, pemerintah menjalankan program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP). Program KSWP tersebut dapat dikatakan sebagai implementasi dari Tax Clearance atas pelayanan publik, sehingga para pemilik NPWP diharuskan untuk menjalankan kewajibannya sebagai Wajib Pajak.

               Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, pendaftaran NPWP menjadi sangat mudah. Para Wajib Pajak tidak lagi harus datang dan mengantre ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dikarenakan pendaftaran NPWP sudah dapat dilakukan secara online. Terdapat tiga fase penting untuk melakukan pendaftaran NPWP online. Fase tersebut antara lain Pendaftaran akun NPWP Online, Pengisian Formulir NPWP Online, dan Penyampaian Formulir NPWP Online.

               Saat ini, pendaftaran NPWP online hanya dapat dilakukan untuk Wajib Pajak Orang Pribadi. Sehingga syarat dan langkah langkah yang ada tidak dapat dilakukan untuk pembuatan NPWP badan. Untuk melakukan Pendaftaran NPWP online hal hal yang di butuhkan antara lain :

-         Email yang Aktif

-         Scan e-KTP

-         Scan Keterangan Kerja dari tempat Anda bekerja (khusus untuk karyawan)

-         Scan PK PNS (khusus untuk PNS/ASN)

-         Surat Keterangan Usaha atau SIUP (Khusus untuk wiraswasta)

Dalam melakukan pendaftaran NPWP secara online, penting untuk diperhatikan kelegitimasian suatu website atau Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan. Saat ini Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah melakukan kerja sama dengan pihak ketiga untuk menjadi Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan yang resmi. Perusahaan Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) wajib untuk memiliki surat penunjukkan oleh DJP melalui Surat Keputusan Dirjen Pajak. Perusahaan PJAP biasanya akan mencantumkan SK KEP Dirjen Pajak pada aplikasi perpajakan yang disediakan oleh perusahaan tersebut.

               Untuk melakukan pendaftaran NPWP secara online, saat ini dapat dilakukan melalui laman website DJP yang dapat diakses melalui link https://ereg.pajak.go.id. Kemudian klik daftar untuk membuat atau mendaftarkan akun baru. Namun, tidak hanya dari website resmi DJP. Pendaftaran NPWP online juga dapat dilakukan melalui fasilitas dari Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan yang sudah resmi ditunjuk oleh DJP untuk menyediakan jasa aplikasi perpajakan. PT.Mitra Pajakku adalah salah satu perusahaan PJAP resmi yang di tunjuk langsung oleh DJP yang telah menjadi mitra strategis DJP sejak tahun 2005 melalui SK KEP 20/PJ/2005 dan terus diperbaharui dengan lisensi terkini SK KEP-529/PJ/2019 dan SK KEP-617/PJ/2019. PT Mitra Pajakku adalah sebuah perusahaan PJAP yang memiliki tim support terlatih yang memiliki sertifikat brevet A-B

Sumber

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2020 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami