Cara Cepat Lapor SPT

Cara Cepat Lapor SPT

Fictor, 3 years ago
Media-Image
Cara cepat membuat SPT tahunan

Jakarta - SPT adalah Surat Pemberitahuan yang digunakan oleh Wajib Pajak untuk melakukan pelaporan perhitungan dan atau melakukan pembayaran pajak, objek pajak dan atau bukan objek pajak dan atau harta dan kewajiban, menurut ketentuan peraturan perundang undangan Perpajakan.

SPT terdiri dari 2 (dua) jenis yaitu SPT Tahunan dan SPT Masa.

SPT Tahunan memiliki beberapa jenis formulir, diantaranya adalah

-         Formulir 1771

Form ini diperuntukan buat Wajib Pajak Badan dalam negeri baik berbentuk CV, PT, Firma, dan yang berbentuk badan hukum lainnya.

-         Fromulir 1771 $

Form ini diperuntukan bagi Wajib Pajak Badan yang diizinkan menyelenggarakan pembukuan dalam mata uang Dollar Amerika Serikat.

-         Formulir 1770

Khusus bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang menerima penghasilan dari usaha atau pekerjaan bebas, penghasilan dari satu atau lebih pemberi kerja, penghasilan yang dikenakan PPh final, atau penghasilan dari dalam negeri maupun luar negeri lainnya.

-         Formulir 1770S

Digunakan oleh WP OP (Wajib Pajak Orang Pribadi) yang memiliki penghasilan dari pekerjaan yang berasal lebih dari satu pemberi kerja, atau penghasillannya lebih dari Rp 60 juta dalam 1 tahun, atau WP tersebut memiliki penghasilan lain. Formulir 1770S ini tidak dapat digunakan oleh WP OP yang melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas.

-         Formulir 1770SS

Formulir SPT tahunan yang paling umum dan paing sederhana, Formulir tersebut ditujukan ke WP OP yang dalam 1 tahun penghasilannya tidak lebih dari Rp 60 juta.

Setelah mengetahui jenis dari formulir SPT tahunan. Terdapat beberapa jenis SPT, diantaranya adalah

-         SPT Masa Pajak Penghasilan Pasal 21 dan Pasal 26

-         SPT Masa Pajak Penghasilan Pasal 22

-         SPT Masa Pajak Penghasilan Pasal 23 dan Pasal 26

-         SPT Masa Pajak Penghasilan Pasal 25

-         SPT Masa Pajak Penghasilan Pasal 4 Ayat 2

-         SPT Masa Pajak Penghasilan Pasal 15

-         SPT Masa Pajak Pertambahan Nilai

-         SPT Masa Pajak Pertambahan Nilai bagi Pemungut

-     SPT Masa Pajak Pertambahan Nilai bagi Pengusaha Kena Pajak Pedagang Eceran yang menggunakan nilai lain sebagai Dasar Pengenaan Pajak

-         SPT Masa Pajak Penjualan atas Barang Mewah

Dalam mengisi SPT tahunan, terdapat beberapa cara. Salah satu caranya adalah secara online melalui DJP online atau melalui Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP). Cara mengisi SPT tahunan secara online tentunya membutuhkan e-FIN atau Electronic Filling Identification Number. Nomor ini dapat diperoleh di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat dan menjadi akses untuk masuk dan mengisi e-Filling atau pelaporan pajak SPT tahunan dengan online.

Dengan kemajuan teknologi, PT Mitra Pajakku membuat sebuah inovasi dalam Aplikasi Perpajakan. Aplikasi tersebut berfungsi untuk membantu membuat, menghitung, dan melaporkan Surat Pemberitahuan Pajak Orang Pribadi (SPT-OP). PT Mitra Pajakku adalah sebuah perusahaan yang telah menjadi mitra strategis Direktorat Jenderal Pajak sejak tahun 2005 yang memiliki tim support yang terlatih dengan sertifikat brevet A-B.

Pada Aplikasi Perpajakan OP-ku yang dikembangkan oleh tim PT Mitra Pajakku, terdapat layanan untuk melaporkan SPT 1770 S dan 1770 SS yang berfungsi untuk melakukan pelaporan WP yang memiliki penghasilan di atas ataupun di bawah Rp 60 juta. Selain itu, kerahasiaan data sangat terjamin berkat enkripsi dari transaksi elektronik atau efilling SPT menggunakan EFIN sebagai salah satu alat autentikasi.

Untuk panduan lebih mendetail dalam menggunakan Aplikasi Perpajakan OP-ku yang dikembangkan oleh tim PT Mitra Pajakku dapat di lihat melalui Link Berikut ini :https://www.youtube.com/watch?v=Gm3Nn-2ylNo

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2022 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami
BAYAR
PAJAK
icon-mpn