Inklusi Perpajakan

Ferio B, sebulan yang lalu
Sumber: Pixabay.com

Jakarta - Pajak merupakan salah satu instrumen penting dalam keberlanjutan pembangunan sebuah negara. Kewajiban mengenai pajak disebutkan pada pasal 23A, UUD 1945 tertulis "Pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dengan Undang-Undang". Kesadaran rakyat Indonesia dalam membayar pajak perlu ditingkatkan untuk memaksimalkan pendapapatan negara. Hal ini dilatarbelakangi oleh rasio pajak terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang tergolong rendah diantara negara-negara OECD yakni 12,2%. Meskipun rasio pajak pada tahun 2019 naik 0,7% dari tahun 2018, hal ini masih lebih rendah dari rasio pajak tahun 2012 pada nilai 14%.

Direktorat Jenderal Pajak bersama Kemendikbud dan Kemenristekdikti berkoordinasi untuk meningkatkan kesadaran pajak melalui program inklusi perpajakan. Program inklusi perpajakan ini dilakukan dengan mengintegrasikan materi kesadaran pajak melalui institusi pendidikan tinggi. Upaya yang dilakukan yakni dengan memasukkan materi kesadaran pajak melalui mata kuliah wajib umum di perguruan tinggi. Tujuan utama dari program inklusi perpajakan adalah meningkatkan pemahaman pentingnya pajak sebagai komponen utama pembangunan negara.

Urgensi tentang pajak bukan hanya semata-mata kewajiban sebagai warga negara, melainkan upaya kita sebagai warga negara untuk menekan kesenjangan sosial dan meningkatkan kesejahterann melalui pajak itu sendiri. Sebagai agen perubahan, mahasiswa diharapkan bisa menjadi contoh bagi lingkungan sekitarnya dalam penerapan budaya sadar pajak. Selain melalui institusi pendidikan tinggi, budaya sadar pajak juga disebarkan melalui media informasi digital, dan program penelitian dan pengembangan meliputi jurnal dan publikasi ilmiah. Inklusi perpajakan merupakan sebuah program berkelanjutan yang dimulai dengan tahap edukasi pada saat ini, hingga meningkatnya kesadaran pajak pada generasi emas Indonesia tahun 2045.

Pajakku.com mendukung keberlanjutan program inklusi perpajakan melalui pelayanan pengelolaan pajak. Informasi-informasi penting yang berkaitan dengan pelaporan pajak, penghitungan pajak, dan regulasi juga tersedia di Pajakku.com. Selain itu, Pajakku.com menyediakan beberapa produk layanan aplikasi perpajakan end-to-end yang telah lolos uji DJP. Melalui aplikasi ini, proses pengolahan sistim perpajakan menjadi lebih transparan, dan diharapkan dapat meningkatkan cakupan penerimaan pajak di Indonesia.

 

Sumber

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2019 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami