Aplikasi e-Billing Pajakku Memberikan Solusi untuk SSE3

Ferio B, 4 bulan yang lalu
Sumber: Pixabay.com

Medan - Medan, pajakku.com – Sesuai dengan amanat Pasal 23 A Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD ’45), Indoensia mewajibkan, bahkan memaksakan, masyarakatnya untuk membayar pajak. Kewajiban ini tentu tidak berdiri tanpa asas-asas yang berlaku di Indoensia, juga dalam cita-cita UUD ’45, seperti nasionalisme, keadilan, gotong rayang, dan lain sebagainya. Salah satu asas yang terus dijaga dan turut dikembangkan dalam persoalan perpajakan adalah proses pembayaran yang mudah dan berorientasi pada Wajib Pajak (WP). Salah satu contoh dari bentuk kemudahannya adalah hadirnya surat setoran elektronik (SSE) pajak yang sekarang sudah mencapai versi 3-nya (SSE3) sebagai pengganti dari surat setoran pajak manual untuk mewujudkan sistem e-billing – pembayaran pajak elektronik ­– dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

SSE Pajak merupakan suatu program yang merupakan perwujudan bukti dari komitmen pemerintah, terutama dalam pelayanan perpajakan, dalam melaksanakan good governance – transparan dan akuntabel. SSE Pajak ada untuk memberikan WP akses riwayat dari data pembayaran secara real-time dan kemudahan dalam mengaksesnya, cukup lewat ketersediaan internet dan gawai baik bagi perseorangan/badan usaha. Dengan hadirnya layanan SSE, bukan hanya masyarakat yang mendapat kemudahan, kini DJP pun bisa lebih leluasa mengatur dan melakukan observasi akan data dari WP akibat adanya integrasi sistem sehingga bisa melakukan intensifikasi pajak. Karena itu, program ini adalah sebuah win-win solution bagi DJP dan WP.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, layanan SSE Pajak adalah bagian dari sistem yang lebih besar, yaitu sistem e-billing – “kantor pajak elektronik”. Jadi, untuk menggunakan fitur SSE Pajak, sebelumnya, seseorang /badan usaha harus mendaftar pada sistem e-billing. Pendaftaran pada sistem e-billing perlu dilakukan untuk mendapatkan kode billing, nantinya kode tersebut akan digunakan sebagai kode pembayaran kita kala menggunakan SSE. Sebagai informasi tambahan, sebelum adanya sistem besar e-billing, ada beberapa fitur yang dikembangkan DJP online sebagai komitmen awal, antara lain,  e-Filing (pengiriman SPT secara online ), e-SPT (penyerahan SPT dalam media digital), e-Payment (fasilitas pembayaran online untuk PBB), dan e-Registration (pendaftaran NPWP secara online). Setelah berbagia fitur sudah mencapai kondisi optimal dan stabil, maka lahirlah sistem e-billing  yang merupakan integrasi dari sistem-sistem bayar pajak secara elektronik yang udah ada dan menggunakan SSE Pajak sebagai pengganti dari surat setoran pajak konvensional.

Seiring dengan bertambahnya pengguna, perubahan teknologi, dan perbaikan sistem, layanan SSE Pajak pun hadir dalam beberapa server. Sampai sekarang, kita mengenal ada tiga server SSE, yaitu SSE1, SSE2, SSE3, dengan angka-angka dibelakang sebagai penunjuk versi – semakin tinggi versi, semakin baru server. Server-server ini tidak saling berhubungan dan punya tampilan (interface) yang berbeda-beda sehingga punya ke-khas-an penggunaan.

SSE1 adalah versi paling awal dari layanan SSE. Layanan SSE1 tidak direkomendasikan lagi sekarang karena fiturnya yang terbatas dan tampilannya yang tidak ramah terhadap pengguna. Layanan SSE1 pun bertransformasi menjadi SSE2. Pada versi 2, ada banyak penambahan fitur baru dan tampilan yang lebih ramah. Akibat mapannya pelayanan, layanan SSE2 menjadi layanan yang paling banyak diakses sekarang, bahkan layanan SSE3 ada karena hadir sebagai solusi alternatif untuk layanan SSE2. SSE3 ada untuk menjadi alternatif dan backup dari layanan SSE lainnya. SSE3 adalah layanan dengan proses pendaftaran yang termasuk paling mudah, cukup memiliki email dan NPWP, berbeda dengan SSE2 yang perlu akun DJPOnline karena ada integrasi sistem. Namun begitu, SSE3 memiliki kekurangan, walau pun dia adalah layanan paling baru, tapi SSE3 tidak bisa menggunakan akses multi-NPWP – e-billing hanya untuk ID Billing dan nomor NPWP pribadi.

Dengan mengetahui kondisi-kondisi di atas, pajakku.com pun memberikan solusi. Aplikasi pajakku.com memberikan layanan e-billing yang mudah proses daftarnya, bahkan bisa meminta bantuan profesional dari pihak pajakku.com, dengan berbagai macam fitur yang krusial dan menguntungkan lainnya. Pajakku.com menyediakan fasilitas sistem e-billing yang mampu memberikan layanan multi-NPWP (satu layanan untuk berbagi nomor NPWP) dan multi-pasal (satu layanan untuk pembayaran berbagai jenis pajak yang harus dibayarkan). Tentu saja, untuk proses layanan ini tidak dikenakan biaya apa pun alias gratis. Harapannya, dengan adanya layanan ini, pajakku.com bisa memberikan alternatif sistem SSE3 dan ikut andil meningkatkan kemauan WP untuk melaksanakan kewajibannya, yaitu taat dalam membayar pajak.

Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2020 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami