Cara Membuat e-Bupot Online

Sigit A Nugroho, 12 hari yang lalu
e-bupot 23/26 pajakku

Pada tulisan sebelumnya telah kita bahas mengenai dasar hukum dan tata cara penggunaan e-Bupot 23/26. Dalam tulisan kali ini, kita akan bahas cara untuk mengolah e-Bupot 23/26.

Sebagai pengingat, ada baiknya kita bahas dulu pengertian bukti potong (bupot) dan elektronik bukti potong (e-bupot). Definisi itu kita rujuk dari Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-04/PJ/2017.

Menurut aturan itu, bupot adalah formulir yang digunakan oleh Pemotong Pajak sebagai bukti pemotongan PPh Pasal 23 dan/atau Pasal 26. Formulir bukti pemotongan ini sekaligus juga sebagai pertanggungjawaban atas pemotongan PPh 23 26 yang dilakukan. 

Aplikasi e-Bupot 23/26 adalah perangkat lunak yang ditetapkan Direktur Jenderal Pajak yang dapat digunakan untuk membuat Bukti Pemotongan, membuat dan melaporkan SPT Masa PPh Pasal 23 dan/atau Pasal 26 dalam bentuk dokumen elektronik.

 e-Bupot 23/26 Pajakku

Pajakku (PT Mitra Pajakku) merupakan Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sejak 2005. E-Bupot 23/26 merupakan satu dari banyak platform perpajakan yang ada di ekosistem One Stop Solution in TAXnologies.

Platform ini mendapat lisensi resmi dari DJP melalui SK KEP-617/PJ/2019 tentang “Penunjukan PT Mitra Pajakku sebagai Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan yang menyelenggarakan layanan penyediaan aplikasi pembuatan dan penyaluran Bukti Pemotongan Elektronik”.

Membuat e-Bupot

Silakan masuk ke laman pajakku.com melalui mesin perambaan. Pastikan mitra sekalian sudah terdaftar dan memiliki kata kunci serta nama akun untuk masuk ke platform e-Bupot 23/26 Pajakku.

Cara untuk login pernah kita bahas di artikel lainnya. Silakan klik tautan di sini.

Buat SPT PPH e-Bupot 23/26

Setelah login, mitra akan dibawa ke halaman pembuatan SPT. Dalam tahap ini, mitra sekalian sudah dapat membuat bukti potong tanpa terlebih dahulu membuat SPT.

Bila telah membuat bukti potong, maka SPT akan otomatis terbentuk. Untuk memulai langkah ini, dapat dilakukan dengan mengakses menu “e-Bupot PPh 23/26” lalu klik “Daftar SPT” dan klik tombol tambah.

Pada isian organisasi pilih NPWP Perusahaan yang akan dibuat SPT-nya, masa pajak, serta tahun pajak, setelah itu klik tombol buat.


Demikianlah cara membuat elektronik bukti potong menggunakan e-bupot 23/26 pajakku. Mitra pajak sekalian, aplikasi e-bupot 23/26 pajakku yang dapat diakses melalui portal Pajakku.com tersebut dapat pula disematkan ke dalam aplikasi elektronik pengolahan pajak terpadu (e-PPT) Pajakku.



Artikel Lainnya

Fokus

Subscribe

Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
2019 © PT. Mitra Pajakku
Ikuti kami