• Forum
  • Kritik, Saran, dan Pertanyaan
  • PERPANJANG SERTIFIKAT ELEKTRONIK E FAKTUR
  • PERPANJANG SERTIFIKAT ELEKTRONIK E FAKTUR

    putri7 Okt 2019 pukul 16.13

    Selamt sore admin, saya mau nanya tentang memperpanjang sertifikat elektronik e faktur, jika direktur tidak bisa datang ke kpp pajak untuk mengurus perpanjangan sertifikat elerktornik bisakan komanditer yang datang ke kpp pajak tersebut?

    terima kasih

    moderator(Moderator)10 Okt 2019 pukul 13.44

    Sesuai dengan Pasal 2 ayat (1) huruf a dan b PER-28/PJ/2015:

    a. Surat Permintaan Sertifikat Elektronik dan Surat Pernyataan Persetujuan Penggunaan Sertifikat Elektronik ditandatangani dan disampaikan oleh pengurus PKP yang bersangkutan secara langsung ke KPP tempat PKP dikukuhkan dan tidak diperkenankan untuk dikuasakan ke pihak lain.

    b. Pengurus sebagaimana dimaksud pada huruf a adalah:

    1) orang yang nyata-nyata mempunyai wewenang ikut menentukan kebijaksanaan dan/atau mengambil keputusan dalam menjalankan perusahaan sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009; dan

    2) namanya tercantum dalam Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Badan tahun pajak terakhir yang jangka waktu penyampaiannya telah jatuh tempo pada saat pengajuan surat permintaan Sertifikat Elektronik, kecuali untuk PKP cabang dan Kerja Sama Operasi (KSO).

    Sesuai dengan Penjelasan Pasal 32 ayat (4) UU KUP:

    Orang yang nyata-nyata mempunyai wewenang dalam menentukan kebijaksanaan dan/atau mengambil keputusan dalam rangka menjalankan kegiatan perusahaan, misalnya berwenang menandatangani kontrak dengan pihak ketiga, menandatangani cek, dan sebagainya walaupun orang tersebut tidak tercantum namanya dalam susunan pengurus yang tertera dalam akte pendirian maupun akte perubahan, termasuk dalam pengertian pengurus. Ketentuan dalam ayat ini berlaku pula bagi kornisaris dan pernegang saham mayoritas atau pengendali.

    Sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komanditer /ko·man·di·ter/ /komanditér/ n peserta persekutuan dagang dsb dng memberikan sebagian modal saja tanpa turut menjalankan perusahaan itu. Dengan demikian, dapat dimaknai bahwa komanditer tidak mempunyai wewenang dalam menentukan kebijaksanaan dan/atau mengambil keputusan dalam rangka menjalankan kegiatan perusahaan.

    Berdasarkan ketentuan di atas, komanditer tidak dapat dianggap sebagai Pengurus dan mengajukan Surat Permintaan Sertifikat Elektronik atas nama perusahaannya.

    Topik Lainnya

    mengambil data...

    Subscribe

    Dapatkan informasi terbaru dari pajakku
    2019 © PT. Mitra Pajakku
    Ikuti kami